Rabu, 09 Maret 2016

Macam Jenis Dan Ciri Ciri Burung Kacer

Macam Jenis Dan Ciri Ciri Burung Kacer | hallo sobat burung,kali ini mimin akan membahas tentang burung kacer.sobat pasti tidak asing lagi kalau melihat burung kacer ini,karena Burung ini sangat di sukai oleh pecinta Burung Gacor.Jika bicara mengenai habitat asli burung hitam ini di alam liar, pada dasarnya jumlah burung kacer saat ini tidak begitu banyak seperti pada saat tahun 1980 sampai 1990-an. Pada saat itu burung kacer hitam atau putih sering terlihat di area perkebunan, persawahan, padang rumput dan hutan. Hanya saja semakin kesini,jumlah jenis burung yang bernama latin Copsychus saularis ini seakan semakin berkurang. Entah karena alasan apa, yang jelas motif yang cukup masuk akal adalah populasi kacer di alam liar sudah semakin berkurang,mulai disebabkan oleh ulah pemburu liar,habitat sudah semakin menyempit, perubahan iklim dan lain-lain. Meskipun demikian, berutungnya masih ada beberapa pihak yang mau membudidayakan kacer atau bahkan melakukan pelepasan, sehingga populasinya masih sedikit terjaga.

Macam Jenis Dan Ciri Ciri Burung Kacer



1.Burung kacer lokal hitam Jawa


Burung kacer lokal hitam Jawa ( Copsychus sechellarum ) atau juga dikenal dengan Seychelles Magpie Robin penyebarannya dimulai dari Seychelles ( Afrika ), Jawa serta Kalimantan ( Indonesia ). Semua tubuh berwarna hitam, terkecuali pada sayap ada warna putih. Kemampuan untuk berkicau amat baik serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. Tampilan amatlah atraktif sembari buka ekor dan mengeluarkan suara kicauan yang amatlah merdu. Burung ini sangat suka dengan hawa panas.


2.Burung kacer poci atau kacer sumatera


Burung kacer poci atau kacer sumatera memiliki nama ilmiah Copsychus saularis. Perbedaan yang paling mencolok antara kacer Jawa dengan kacer Sumatra ini terletak pada bagian warna bulu dada perut hingga pantat burung kacer berwarna putih. Sedangkan untuk warna tubuh lainnya sama seperti pada kacer Jawa. Untuk suara mempunyai suara yang nyaring keras dan pintar menirukan suara masteran.Burung kacer poci sumatera yang bagus itu yang warna hitamnya yang lebih banyak (hitamnya agak ke bawah) dengan dada yang membusung besar dan paruh yang tebal serta panjang.

3.Burung kacer Madagaskar


Burung kacer Madagaskar atau Copsychus albospecularis ini memiliki tiga jenis yaitu pica, albospecularis dan inexpectatus. Burung jenis yang satu ini memiliki ciri yang hampir sama dengan jenis burung kacer Sumatera, namun bagian leher sebelah atas, punggung dan ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Untuk kemampuan berkicau burung dari Afrika ini tidaklah kalah dengan burung kacer yang berasal dari Indonesia.

4.Burung kacer Tasik


Burung kacer Tasik memiliki ciri fisik warna putih terdapat pada pangkal ekor dan warna hitam yang hampir menyeluruh disemua bulunya kecuali sedikit dibagian sayap serta ekor. Untuk burung kacer jenis yang satu ini kurang diminati oleh banyak kalangan pecinta burung kicau yang disebabkan karena memiliki mental yang kurang bagus.



5.Burung kacer kalimantan


Burung kacer kalimantan memiliki ciri yang hampir sama dengan burung kacer poci, namun tetap ada bedanya, yaitu burung kacer Kalimantan memiliki warna hitam yang lebih banyak, mulai dari kepala sampai dada bagian bawah atau hampir sampai ke perut. Kacer Kalimantan memiliki kelemahan ketika berkicau sering menggembung, sehingga ketika diadu burung ini akan mudah lelah, meski tidak semua jenis burung kacer Kalimantan seperti itu.



6.Burung kacer blorok


Selain itu juga ada kacer jenis baru yang ada di pasaran saat ini.menurut peneliti kacer ini lahir antara perkawinan alamiah kacer hitam putih dengan kacer jawa (kacer hitam).yaitu kacer blorok. Untuk kicauannya, kacer ini juga tidak kalah merdunya dengan burung kacer jenis yang lainnya diatas.



Nah itu saja yang bisa mimin sampaikan,semoga bisa bermanfaat dan menjadi penyemangat untuk pelihara burung Kacer yang Gacor.

Tidak ada komentar: