Kamis, 07 April 2016

Cara Jitu Melatih Si Burung Pleci Sebelum Lomba

Cara Jitu Melatih Si Burung Pleci Sebelum Lomba - Hallo sobat Kicau,bertemu lagi dengan Kicaupedia (Tips Pelihara Burung Kicau).kali ini Admin akan membagikan Artikel tentang Cara Melatih Burung Pleci untuk persiapan Lomba.memang burung pleci sangatlah dicintai oleh para pecinta burung kicau.Pada dasarnya burung pleci/ burung kacamata adalah sebuah burung koloni yang jika kita merawatnya dengan tangan kita sendiri dan perawatannya benar maka burung pleci ini akan sangat senang sekali bila bertemu dengan burung pleci yang lainnya. Maka dari itu usahakanlah burung pleci yang akan di lombakan hasil rawatan anda sendiri. Jika anda belum begitu paham dengan cara cara merawat burung pleci silahkan untuk membaca Cara Jitu Melatih Si Burung Pleci Sebelum Lomba.
Cara Jitu Melatih Si Burung Pleci Sebelum Lomba

Di alam liar,Burung pleci akan lebih sering mengeluarkan suara kerasnya ketika berada dalam kerumunan pleci lainnya. Biasanya pleci yang bersuara paling keras dan mentalnya bagus akan menjadi pemimpin koloni. Dialah yang berhak mengarahkan tujuan ke mana mencari pakan bersama.Untuk mendapatkan pleci dalam kondisi seperti di alam liar, terlebih dalam arena lomba tempat di mana banyak pleci lain berkumpul, tentu kita harus mempersiapkan kondisi pleci yang kita miliki. Dengan begitu, mereka tak kaget atau bersikap berlebihan ( misalnya menjadi nakal karena terlalu girang) saat bertemu pleci-pleci lain sesama peserta lomba.


Cara Jitu Melatih Si Burung Pleci Sebelum Lomba


Hal Yang Harus Diketahui:
  1. Tes keadaan pleci apakah sudah siap lomba atau belum.
  2. Mengetahui mental burung pleci untuk lomba. Bisa kita coba tes dengan membuat simulasi lomba di rumah sebelum masuk ke arena lomba.
  3. Membuat Simulasi lomba dengan gantungan seperti lomba biasa, kemudian silahkan anda tunggu burung Pleci sampai ngalas / ngerol. Jika sudah mulai ngalas silahkan anda dekati tepat di bawah sangkar.
  4. Placi yang sudah siap masuk arena lomba akan terlihat ketika placi yang sedang ngalas/ngerol tetap tenang dan masih tetap ngalas. Jika hal yang terjadi malah sebaliknya atau burung pleci anda terlihat gelisah ketika kita dekati saat ngalas brarti burung placi anda belum siap untuk di masukan ke arena lomba.

 perawatan harian Untuk Si Burung Pleci:
  1. Memandikan pleci pada malam hari (mandi malam), dengan cara menyemprot halus pleci menggunakan sprayer dari jarak setengah meter hingga basah kuyup. Ini bisa dilakukan pukul 19.00 – 21.00.
  2. Burung di anginkan di tempat terang, sambil diberikan kroto dan ulat hongkong. Disarankan tidak memberikan ulat kandang.
  3. Setelah itu, pleci dikerodong dan diembunkan semalaman hingga pagi hari dalam keadaan full kerodong.
  4. Pagi hari, setelah cahaya matahari mulai hangat, buka kerodong lalu mandikan dengan semprotan halus.
  5. Usai mandi, berikan EF berupa 2 sendok teh kroto dan ulat hongkong warna putih.
  6. Jemur burung pukul 07.00 – 10.00, dengan durasi penjemuran yang disesuaikan.
  7. Setelah penjemuran, burung dianginkan selama 15 menit. Biasanya saat itu akan terlihat apakah pleci sudah siap dilombakan dengan mendengar suara kicauannya, yaitu mengeluarkan suara call disertai ngalas dan ngeroll. Jika cuma bersuara call dengan suara ngeriwikannya, berarti burung belum siap dilombakan.
  8. Jika sampai hari Sabtu (H-1) burung mampu mengeluarkan suara call disertai ngalas dan ngeroll, serta tidak takut dan tetap berkicau ketika didekati manusia.

  1. Sabtu malam, dilakukan mandi malam seperti cara di atas. Setelah itu, dianginkan selama 1 jam di tempat terang, dan diberi 2 sendok teh kroto dan 3 ulat hongkong berwarna putih.
  2. Selanjutnya, burung kembali dikerodong untuk beristirahat total hingga pagi hari, dan kembali diberikan cara yang sama pada pagi harinya.
  3. Sesampai di lapangan, sebelum burung digantang, kerodong dibuka selama 15-30 menit dan biarkan pleci berkoar-koar sepuasnya. Setelah itu kembali dikerodong.
  4. Kalau Anda berniat mengecas dengan pleci lainnya, sebaiknya dilakukan pada 10-15 menit sebelum mulai digantang.
  5. Beberapa menit sebelum digantang, segera bersihkan sangkar dari sisa-sisa pakan seperti ceceran kroto, UH, dan sebagianya. Cabut semua pakan  dan air minum.


Seperti itulah tahap agar burung kicau kita lebih sehat dan Siap untuk maju diperlombaan sobat kicau,itu juga pekerjaan wajib untuk para pecinta burung kicau karena kalau itu lalai musti burung kicau kita mudah terkena serangan penyakit.itu saja yang bisa ane sampaikan dan terus semangat untuk membuat burung kicau kita sehat.

Tidak ada komentar: